SKRIPSIAN DALAM SATU BULAN


Assalamualaikum teman-teman, akhirnya aku nulis lagi ya dah sekian lama banget karena aku memang fokusin diri nyelesain studi. Dan Alhamdulillah 10 Maret 2020 aku sudah mengakhiri masa kuliahku dengan IPK 3,53 dalam jangka waktu 3,7 tahun. Bukan bermaksud membanggakan diri disini aku hanya ingin menebarkan semangat ke kalian yang lagi skripsian. Aku bakal ceritain perjalanan skripsi aku disini.

Jadi aku memulai konsul pada tanggal 3 februari 2020. Banyak revisi proposal yang ku dapat, sempat blank juga karena waktu proposalan aku bener-bener ngasal ya bayangin aja rumusan masalah sederhana banget ya kayak gak ada masalah wkwk tapi semangatku tak terhenti tetap mikir tiap hari sampai mumet mau muntah karena bayangin aja nih dalam seminggu dari senin-kamis pagi sampai sore aku diperpustakaan. Terus malamnya lanjut lagi mikir dikamar bersama segelas chocolate. Tapi aku sediakan waktu jumat-minggu untuk hibernasi biar otak ku lebih fresh.

Lika-liku konsul pun ku alami setiap hari. Jadi sebelum ke perpus setelah aku revisi aku ke kampus dulu nungguin dosen, gak pake cp langsung nunggu aja ditempat tiap hari tuh bayangin ada syukur gak ada pulang. Terus pas ketemu revisi langsung hari itu juga besoknya nunggu dosen lagi. Tiap hari banget, belum lagi ngadepin mood beliau yang baik syukur alhamdulillah lagi unmood ya syukurilah. Pernah kejadian pas beliau gak mood, disuruh taruh dimeja skripsi aku sampai seminggu. Terus ku tagih dong dan apa kata beliau "syukur juga skripsi kamu seminggu kalo saya bilang tunggu sebulan kamu mau apa?" . Entah kenapa aku waktu itu nekat banget dan bilang ke beliau "pak tolong periksakan punya saya hehe kalo bapa gak bisa saya konsul ke pembimbing dua aja ya pak" terus apa kata beliau? "nih bawa aja saya gak bisa periksa skripsi sebanyak ini!" whaaa campur aduk banget dong tapi respon ku nyantai "kalo gitu saya bawa ya pak kalo dah selesai fix baru ke bapak ya, salim dulu pak". Langsung kabur terus nyadar eh ini bapak marah apa gak yak aku gituin wkwk. Syukurnya pas bimbingan sama pembimbing dua lancar banget pokoknya dituntut cepat gitu jadi semangat dan kebetulan pembimbing dua aku itu baik banget berasa kaya kaka sendiri sayang banget pokoknya sama beliau. Akhirnya masa konsulku berakhir dan pengajuan skripsi di acc pada tanggal 27 februari 2020. Pas minta acc pun kaki ku gemeteran tangan dingin karena takut ada revisi lagi dan alhamdulillah clear.

Berasa gak nyangka setelah di acc, pulang dari kampus aku langsung nangis dijalan sejadi-jadinya karena bangga sama diri sendiri yang udah berjuang tiap hari dan yang membuat aku lepas dan setidaknya aku sedikit banyak menghapus beban orang tua untuk biaya pendidikan. Karena gimana ya, ya mungkin teman-teman ngeliat aku sebagai orang yang ada. Sebenarnya itu rejeki, dari job makeup, blogger, influencer ya memang terlihat setara. Tapi pada nyatanya aku hanya dari keluarga sederhana banget.

Berbicara hidup mungkin dulu aku pernah berada diatas merasakan apapun yang ku mau dengan cara berucap namun sekarang berbeda aku perlu berusaha untuk mendapatkan sesuatu. Mama aku aja sedih disituasi sekarang melihat aku yang juga ikut serta dalam mencari nafkah. Tapi aku bersyukur karena dengan ini aku belajar kalo hidup itu memang tidak mudah. Mama aku punya usaha Catering tapi masih kecil dan gak berani terima orderan besar karena yang ngerjain cuman aku sama Mama. Pernah terima orderan Nasi Kotak 250 kotak, karena dulu aku dimanja banget pas sekarang harus kerja dulu baru bisa beli sesuatu pas ngerjain kotakan aku nangis kecapekan. Mama pun ikut nangis karena kasihan sama aku yang mana harus belajar yang mana pula harus kerja keras. Belum lagi ngangkat yang berat. Kadang kalo waras suka diajak ketawa kalo gak ya nangis. 

Dari sini aku belajar menghargai waktu bahwa menunda-nunda itu adalah hal yang buruk. Bayangin kalo aku malas-malasan ngerjain skripsi kebayangkan nanti tetap harus bayar UKT terus bingung cari uang gimana. Syukur kalo ada orderan kalo gak gimana? Tentu rejeki udah diatur sama Allah. Tapi setidaknya kita sebagai manusia tetap harus berikhtiar mengerjakan sesuatu dengan ikhlas sabar dan lapang dada. 

Kalo dimarahin dosen bawa senyum aja dan modal iya. Lakukan sesuai arahan dan jangan lupa minta kelancaran sama Allah. Satu lagi, doa orang tua penting banget loh. Karena Mama aku selalu bilang tiap sholat doain aku biar semuanya diperlancar, dan Alhamdulillah semua yang ku lakukan lancar dan dipermudah. Jangan lupa bersyukur juga.
Insyaallah kalian bisa meraih apa hendak kalian capai yaa.

Semoga menginspirasi❤

Comments

  1. MaasyaAllah.. Congratulation enni😍 doain nida cepet nyusul skripsi ugaa yahh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sayang semoga dilancarakan skripsiannya dan cepat sidang biar wisudaanya bareng😘

      Delete

Post a Comment