Quick Respone Standar Pembayaran Digital Ala Millenial

Assalamualaikum kaum Millenial, apakah hari ini kalian sudah merasa Kekinian? Tentu, bagi kalian yang sudah mengganti metode pembayaran saat bertransaksi. Biasanya ketika kita bertransaksi selalu menggunakan uang cash yang bikin ribet kadang kembalian yang receh bikin isi dompet jadi kembung. Tapi sekarang udah ada alternatif yang cocok banget buat kita kaum Millenial dong.


Penasaran? Sini aku kasih tahu, jadi sekarang ini lagi ngetrend banget metode Quick Respone Code Payment. Jadi caranya itu mudah banget cuman hanya dengan memindai kode yang berbentuk dimensi, otomatis pembayaran lebih praktis tanpa harus mengeluarkan uang tunai sedikit pun. Namun kalian terlebih dahulu harus mengisi saldonya ya sebelum Transaksi, karena metode ini sangat membantu dalam melakukan transaksi yang mudah dan cepat terkadang ada keuntungan juga loh seperti Diskon dan Potongan Harga gitu.

Tapi tahukah kalian bahwa ternyata Bank Indonesia mempunyai Peran penting dalam hadirnya Quick Response Code Payment, karena Bank Indonesia menjadi Pemangku Kebijakan Keuangan di Indonesia turut serta mensosialisasikan kepada Masyarakat tentang Pembayaran dengan menggunakan Quick Respone Code Payment. Adapun diterbitkannya Aturan terkait Quick Respone untuk menyamakan Standar dari Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran di Indonesia.

Bank Indonesia bertindak sangat aktif loh karena Bank Indonesia mempunyai segala cara untuk memperkenalkan Ekonomi Digital kepada Masyarakat, salah satunya adalah melalui Kegiatan Festival Edukasi Bank Indonesia atau yang disingakat menjadi FESKABI yang diadakan Tahun ini. Jadi dalam FESKABI 2019 berisi Kegiatan yang mengcakup Wahana Edukasi Keuangan bagi Kaum Millenial sekaligus memperkenalkan QRIS sebagai Sistem Pembayaran Digital.


QRIS adalah Quick Respone Code Indonesian Standard. Bank Indonesia menerbitkan Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor 21/18/PADG/2019 tentang Implementasi Standar Nasional Quick Respone Code untuk Pembayaran pada tanggal 16 Agustus 2019. Peluncuran QRIS ini tepat di Hari Kemerdekaan Indonesia dan QRIS ini efektif dilaksanakan mulai tanggal 1 Januari 2020. Diterbitkannya aturan ini pun karena Bank Indonesia berkomitmen penuh untuk Perkembangan Sistem Pembayaran dan Memfasilitasi Perkembangan Ekonomi Digital dan Inklusi Keuangan Indonesia.

Tujuan dihadirkannya Quick Respone Code Payment ini tidak lain untuk mempermudah kita semua, terutama kaum Millenial yang kadang suka boros kalo ada uang ditangan, bener gak tuh? Setidaknya dengan hadirnya Quick Respone Code Payment ini kita sebagai Kaum Millenial sedikit banyak bisa mengontrol pengeluaran dengan membatasi Keinginan kita dengan menyesuaikan isi Saldo yang ada sebelum melakukan Transaksi.

Apalagi nih Kaum Millenial yang masih Kuliah tentu pasti berpikir keras kan untuk membeli sesuatu tentunya mengusahakan mendapatkan sesuatu yang lebih murah. Nah jadi juga banyak Promosi yang dilakukan oleh Aplikasi terkait loh bahkan Aplikasi terkait saling menyuguhkan Diskon yang lumayan besar untuk menarik perhatian Penggunanya.

Gak ada ruginya sama sekali deh. Kadang aku sama teman-teman kalo lagi mau makan di makanan cepat saji juga suka bayar menggunakan Quick Respone Code Payment karena lebih murah dan praktis terkadang yang bikin Happy itu kalo misalnya dapat Cashback. Apalagi nih misalnya malas ngantri Tiket buat Nonton Pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan Quick Respone Code Payment juga loh. Millenial banget deh pokoknya.


Adapun Aplikasi terkait yang dimaksud diantaranya adalah OVO, DANA, GOPAY, dan LinkAja. Namun Aplikasi yang menggunakan metode Quick Respone Code Payment hanya bisa digunakan untuk Transaksi sesuai dengan Aplikasi yang tersedia dan sesuai ketentuan pastinya. Jadi kalo bisa lebih Praktis kenapa harus Ribet? Kuy beralih metode Pembayaran dengan menggunakan Quick Respone Code Payment. Selamat mencoba!

#QRStandarPembayaranDigitalAlaMillenial
#BankIndonesia
#QuickResponeCodePayment

#feskabi2019
#gairahkanekonomi
#pakaiQRstandar
#majukanekonomiyuk


Comments